Pilpres 2019 : Bertemu Istri Gus Dur, Jokowi - Ma'ruf Harap Yenny Wahid Gabung
Pilpres 2019 : Bertemu Istri Gus Dur, Jokowi - Ma'ruf Harap Yenny Wahid Gabung

elpaisaguilar.com, Pilpres 2019 – Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menyambangi kediaman Sinta Nuriyah, istri almarhum Presiden RI keempat, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Jalan Warung Sila V, Kelurahan Ciganjur, Jakarta Selatan pada hari ini, Rabu, 26 September 2018. Kubu Calon Presiden inkumben Joko Widodo atau Jokowi – Ma’ruf Amin berharap keluarga Gus Dur mendukung mereka di Pilpres 2019.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) Abdul Kadir Karding mengatakan, kedatangan Ma’ruf Amin untuk menjelaskan bahwa gagasan dan nilai-nilai kepemimpinan Gus Dur banyak terangkum di dalam visi dan misi Jokowi – Ma’ruf. Sehingga, keluarga Gus Dur, melalui Yenny Wahid, bisa bergabung ke koalisi Jokowi – Ma’ruf.

“Soal penentuan sikap sepenuhnya kami serahkan ke beliau-beliau, tapi kami berharap beliau (Yenny Wahid) bisa bersama kami. Apalagi dengan kelompok Gusdurian itu tentu akan jadi penyemangat, energi baru bagi TKN KIK,” kata Karding di Posko Cemara, Jakarta pada Rabu malam, 25 September 2018.

Sebelum Ma’ruf, calon presiden inkumben Joko Widodo atau Jokowi telah berkali-kali mengunjungi kediaman keluarga Gus Dur. Adapun rencana kunjungan Ma’ruf Amin ini bersamaan dengan hari di mana Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau biasa disapa Yenny Wahid menentukan sikap politiknya di pemilihan presiden 2019. Yenny akan mengumumkan calon presiden yang akan didukungnya pada Rabu, 26 September 2018.

Putri kedua mantan Presiden Abdurrahman Wahid ini mengungkapkan proses pemilihan calon presiden yang didukungnya. “Prosesnya dari kemarin-kemarin, saya waktu itu menyatakan bahwa kami sedang meramu secara rasional dan spiritual,” kata Yenny di Sari Pacific Hotel, Jakarta, Senin, 24 September 2018.

Yenny mengatakan, secara rasional, ia dan para kader Gus Dur melihat dan mengkaji visi misi yang dibawa masing-masing calon presiden. Sedangkan secara spiritual, kata dia, Yenny dan para kader Gus Dur menunggu hasil istikarah 9 kiai dan ulama, salah satunya adalah murid dari ulama ternama Suriah Sheikh Wahbah Zuhaili. “Itu dasar istikarah kami. Hasilnya seperti apa, ini yang akan kami umumkan dalam dua hari ke depan,” katanya.

Rencananya, Yenny akan mengumumkan dukungannya di rumah pergerakan Gus Dur yang berada di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan pada hari ini, Rabu, 26 September 2018 pukul 15.00 WIB. Tempat itu dipilih karena merupakan kantor PKB Gus Dur. Pengumuman tersebut juga akan bertepatan dengan silaturahmi nasional Barisan Kader Gus Dur. Kubu Jokowi – Ma’ruf berharap Yenny Wahid bergabung dengan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here