Asian Games 2018 : Jetski Berpeluang Tambah Emas Kontingen Indonesia
Asian Games 2018 : Jetski Berpeluang Tambah Emas Kontingen Indonesia

elpaisaguilar.com, Asian Games 2018 –  Ada tiga cabang olahraga hari ini di mana Indonesia berpeluang meraih medali.

Atlet bersaudara Aqsa dan Aero Sutan Anwar menjadi tumpuan Indonesia di perlombaan jetski nomor runabout limited. Juara dunia jetski 2014, Aero Sutan Anwar, yang berlaga di kelas runabout limited dan endurance runabout open diharapkan bisa mewujudkan target medali emas.

“Targetnya dua emas. Kalau saya pribadi yakin bisa meraihnya,” ujar Aero saat ditemui di arena perlombaan jetski di Ancol, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Ia menyebut atlet Thailand dan Uni Emirat Arab sebagai pesaing terkuat dalam perburuan medali emas. Hingga menyelesaikan perlombaan hari pertama, Kamis (23/8), Aero berada di urutan kedua di bawah atlet Negeri Gajah Putih.

Hingga menyelesaikan lima hari pertandingan (hingga Jumat pagi), sudah 153 dari 465 medali emas atau hampir 30 persen yang terdistribusi. Sebanyak 20 dari 45 kontingen sudah berhasil meraih medali emas Asian Games 2018.

Tuan rumah Indonesia sementara berada di peringkat kelima klasemen dengan mengumpulkan 8 emas, 6 perak dan 10 perunggu. Posisi teratas masih dipegang juara bertahan China yang sudah mendapatkan 55 emas, 40 perak, dan 21 perunggu.

Posisi kedua ditempati Jepang dengan koleksi 25 emas, 28 perak dan 32 perunggu, disusul Korea Selatan (16-20-27) di urutan ketiga, dan Iran di peringkat keempat (10-9-8).

Menilik klasemen medali, posisi Indonesia belum sepenuhnya aman dan masih rawan tergusur oleh Thailand (6-4-16), Korea Utara (6-2-5), atau Chinese Taipei (5-6-11).

Belum Aman

Demi mempertahankan posisi itu, Indonesia setidaknya harus tetap menjaga keberlanjutan perolehan medali emas, seperti yang sudah direalisasikan selama lima hari terakhir.

Posisi itu belum sepenuhnya aman, karena masih banyak medali emas yang diperebutkan. Kontingen Indonesia perlu menambah medali emas agar target finis 10 besar di klasemen perolehan medali Asian Games 2018 tercapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here