Pemilu 2019 : Muncul Go Prabu, Golkar Pastikan Solid Dukung Jokowi-Ma'ruf
Pemilu 2019 : Muncul Go Prabu, Golkar Pastikan Solid Dukung Jokowi-Ma'ruf

elpaisaguilar.com, Pilpres 2019 – Bakal capres dan cawapres Jokowi – Ma’ruf Amin telah selesai melakukan tes kesehatan selama lebih dari 12 jam di RSPAD Gatot Soebroto. Namun demikian, pemeriksaan Jokowi rampung dalam waktu yang lebih singkat daripada Ma’ruf Amin.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ilham Oetama Marsis menjelaskan, perbedaan waktu tersebut karena terdapat perbedaan pengalaman antar keduanya. Untuk Ma’ruf Amin, pemeriksaan ini adalah yang pertama kali.

“Kita ingat pemeriksaan bagi Pak Jokowi kan sudah 5 kali. Sedangkan Bapak Cawapres ini karena pertama kali,” ujar Ilham, usai pemeriksaan kesehatan Jokowi dan Ma’ruf Amin di RSPAD Gatot Soebroto, Minggu (12/8/2018).

Dia pun menganalogikan pemeriksaan kesehatan itu dengan tes psikologi. Menurut dia, orang yang telah berulang kali mengikuti tes tersebut wajar akan lebih lancar mengerjakannya, dibanding dengan orang yang baru pertama kali melakukan.

Rangkaian pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai syarat pencalonan keduanya untuk pilpres 2019. Pemeriksaan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 20.25 WIB. Ilham menyebutkan, pemeriksaan yang dilakukan merupakan pemeriksaan rutin.

“Hanya saja pake alat-alat modern yang lebih cepat,” ucap dia.

Terkait penilaian pemeriksaan, Ilham mengatakan, yang dinilai mengenai kemampuan keduanya untuk melaksanakan tugas secara fisik mandiri dalam jangka waktu 5 tahun ke depan.

Jokowi dan Ma’ruf menerima surat tanda terima pemeriksaan kesehatan dari Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ilham Oetama Marsis.
“Alhamdulillah, saya dengan Prof KH Ma’ruf Amin telah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan. Kami InsyaAllah sehat semuanya. Karena kalau kita lihat beliau masih segar bugar. Saya masih segar bugar dari pagi sampai malam ini,” ujar Jokowi.
Hasil pemeriksaannya memberi keterangan kesehatannya mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Sehat atau tidak sehat untuk menjalankan tugas-tugas sebagai presiden dan wakil presiden,” kata Ketua KPU Arief Budiman di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.
Berikut rangkaian pemeriksaan kesehatan yang dijalani Jokowi dan Ma’ruf Amin di RSPAD Jakarta Pusat:

1. MMPI (minnesota Multiphasic Personality Inventory), lama pemeriksaan 90 menit
2. Penyakit Dalam, lama pemeriksaan 30 menit
3. Bedah, lama pemeriksaan 20 menit
4. Neurologi, lama pemeriksaan 60 menit
5. Kandungan Ginekologi bagi capres-cawapres, lama pemeriksaan 30 menit
6. Wawancara psikiarti: MINI ICD-10, DIP, MMI, lama pemeriksaan 90 menit
7. Mata, lama pemeriksaan 30 menit
8. THT KL lama pemeriksaan 20 menit
9. Audiometri murni data lama pemeriksaan 30 menit
10. Jantung dan pembuluh darah: EKG, treadmill, lama pemeriksaan 45 menit
11. Echokardiografi, lama pemeriksaan 20 menit
12. Paru-paru: Spriometri dan tes lain, lama pemeriksaan 20 menit
13. Radiologi Thoraks, lama pemeriksaan 10 menit
14. MRI Kepala lama pemeriksaan minimal 30 menit
15. Pengambilan sampel laboratorium, lama pemeriksaan 10 menit
16. USG Transvaginal, lama pemeriksaan 15 menit
17. Pemeriksaan penunjang lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here