Piala AFF 2018 : Sven-Goran Eriksson Mengklaim Tak Kesulitan Beradaptasi di Timnas Filipina
Piala AFF 2018 : Sven-Goran Eriksson Mengklaim Tak Kesulitan Beradaptasi di Timnas Filipina

elpaisaguilar.comPiala AFF 2018 –  Tangan dingin Sven-Goran Eriksson dalam meracik Timnas Filipina akan bisa dilihat pada laga kontra Singapura, Selasa (13/11/2018). Pada laga itulah, the Azkals untuk kali pertama mendapat sentuhan Eriksson dalam pertandingan resmi.

Sven-Goran Eriksson diperkenalkan secara resmi ke publik sebagai pelatih kepala Timnas Filipina oleh Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) pada 5 November 2018.

Hal itu berarti, terhitung hanya delapan hari saja pelatih asal Swedia itu mempersiapkan Neil Etheridge dkk. sebelum menjalani laga pertama di Piala AFF 2018. Seperti diketahui, Piala AFF 2018 merupakan turnamen pertama Eriksson bersama Timnas Filipina.

Kendati sudah menemui pemain saat skuat Filipina menjalani pemusatan latihan di Doha, Qatar, medio Oktober 2018, Eriksson baru efektif menjalankan tugasnya sejak dikenalkan secara resmi.

Alhasil, beberapa kalangan memprediksi sentuhan Eriksson tak akan banyak berdampak pada penampilan Timnas Filipina di Piala AFF 2018.

Bahkan, ada pula yang memprediksi Eriksson tak akan menuai kesuksesan bersama the Azkals. Satu di antaranya alasannya, sepak bola Filipina saat ini masuk kategori berkembang, bukan negara maju dalam urusan sepak bola seperti yang kebanyakan dilatih Eriksson.

Namun, jelang laga melawan Singapura, Senin (12/11/2018), pelatih 70 tahun itu membantah anggapan dirinya kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Filipina, khususnya Timnas Filipina.

“Saya senang berada di sini dan saya menantikan Piala AFF,” ujarnya.

“Saya pernah tinggal di Thailand (selama kebersamaannya sebagai direktur teknik di klub BEC Tero Sansana). Sepak bola itu, kurang lebih sama di seluruh dunia. Filipina itu tim di Asia, namun beberapa pemain memiliki ilmu sepak bola di Eropa ketika mereka muda. Saya juga bekerja bersama Chris (Greatwich, asisten pelatih) dan Scott (Cooper, penasihat sepak bola senior). Mereka tahu segalanya tentang sepak bola di kawasan ini,” tutur Eriksson.

Harapan Meninggi

Kapten Timnas Filipina, Philip Younghusband, menyambut baik kedatangan Eriksson ke tim. Jelang laga pertama Piala AFF 2018 kontra Singapura, Philip mengaku antusias, baik untuk hal itu maupun lantaran keberadaan Eriksson.

Saudara James Younghusband itu menambahkan memiliki Eriksson sebagai pelatih digambarkannya sebagal hal luar biasa untuk sepak bola Filipina.

Namun, pemain 31 tahun itu juga menyadari asa bakal meninggi dengan adanya mantan pelatih Timnas Meksiko dan Pantai Gading itu di Timnas Filipina.

“Secara natural, jika Anda membawa pelatih dengan pengalaman dan sekaliber Sven, orang-orang akan mengharapkan hasil sesegera mungkin. Tapi, Sven baru bersama tim selama satu bulan. Segala sesuatu membutuhkan waktu. Semoga kami bisa memenuhi harapan itu dan mendapat hasil yang semua orang inginkan,” timpal Philip.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here